Mar 27, 2016

PENGERTIAN DEMOKRASI MENURUT PAKAR

Sebagian besar negara-negara di dunia adalah negara demokrasi.  Hal ini membuktikan bahwa demokrasi sudah menjadi paham yang di anut oleh negara-negara di dunia.

Pengertian demokrasi menurut para pakar dunia.

Abraham lincoln, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Istilah demokrasi pada mulanya di gunakan di Yunani,  ketika itu rakyat menjadi penentu kebijakan pemerintahan,  mereka dapat memberikan pendapat dan suaranya secara langsung.

Josep A. Schmeter, demokrasi adalah suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat.

Sidney Hook, demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan pemerintah yang penting baik secara langsung maupun tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

Henry B. Mayo, demokrasi adalah sistem yang menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan di selenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan ber politik.

Affan Gaffar, demokrasi mempunyai dua makna,  pertama demokrasi normatif,  yaitu demokrasi yang secara ideal hendak dilakukan oleh sebuah negara. Kedua,  demokrasi empirik, yaitu demokrasi dalam perwujudannya pada dunia politik praktis.

No comments: